Rabu 14 November 2018 himpunanMahasiswaManajemen (HIMAMAN) Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan (FEB UNHAR) menyelenggarakan seminar kewirausahaan di aula ekonomi H402 FEB UNHAR.Acara tersebut diikuti oleh anak semester 2 dan 4. Serta dihadiri oleh ketua dan sekertaris prodi manajemen  FEB UNHAR Zuwina Miraza SE.MBA dan Ilham Mubaraq Ritonga SE .M.,si . Seminar terbagi oleh 3 sesi yaitu Talkshow,Training Motivation dan Tanya jawab

Sebagai salah satu program rutin tahunan HIMAMAN FEB UNHAR, seminar yang betema “Membangun Jiwa Kewirausahaan Lewat Literasi Mandiri Yang Bernilai Ketimuran” . Pemateri – Pemateri yang dihadirkan adalah para usahawan ,sudah yang di harapkan dapat  dijadikan contoh sebagai figure mahasiswa yang berhasil merintis usaha di masa muda. Selain memberkan materi, pemateri yang rata-rata masih berusia muda ini juga berbagi kisah sukses dan kiat-kiat bias memulai usaha dari nol yang diharapkan nantinya bias memacu keinginan mahasiswa untuk memulai usaha.

Narasumber yang mengisi di acara seminar ini adalah seorang pria yang masih muda, aktif  yang mendapatkan certified public speaker dari “Indonesia Professional Speakers Assocoation“, beliau juga sebagai Ketua Terpilih HIPMI PT SUMUT 18,Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Medan, beliau bernama Juan Utama Batubara CPS, beliau sudah memiliki sebuah usaha yang sangat terkenal yaitu pomade dan parfum (ALLCO POMADE/BLOSSOM PARFUMKIS)

Mengenai paparan yang telah beliau sampaikan saat kegiatan seminar berlangsung, begitu berkesan, mempunyai daya kharismatikter sendiri saat menyampaikan materi. Dalam paparannya, Beliau menyampaikan pesan kepada generasi muda calon pelaku usaha untuk selalu optimis dalam berwirausaha. Jangan terbiasa memainkan mindset ( pola pikir ) kedalam hal-hal yang membuat kita tidak bisa ( pesimis ), biasakan selalu mempunyai mindset yang kuat untuk BISA. Jika kita mengatakan saya tidak bisa, saya tidak mampu, dan disaat itu juga bersiap-siaplah kita menghadapi kegagalan.Ubahlah kata-kata itu menjadi Ya, saya bisa, saya mampu, saya bisa melakukannya, dan disaat itu otak akan berputar dan kita akan selalu siap menghadapi problem.

Selanjutnya Beliau menyampaikan kepada peserta seminar bahwa masa muda adalah masa yang sangat pas untuk merangkai masa depan yang lebih baik dan sangat rugi apabila kita sebagai Pemuda Penerus Bangsa melewatkannya begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang berguna. Media social merupakan media yang multifungsi, kita mempunyai teman di media sosial yang cukup banyak, namun terkadang kita salah memanfaatkannya, dengan tidak menggunakan media social sebagai media untuk mempromosikan produk-produk yang kita hasilkan. Intinya manfaatkan secara maksimal teknologi (sosmed, internet, smartphone dll), Perluas jejaring dengan Wirausahawan, ikut komunitas, miliki value lebih dari kompetitor, strategi pemasaran dan promosi yang kreatif dan inovatif, dan inti dari semua itu adalah Jangan malu/gengsi, never stop learning, Start small & Act fast.

Indonesia merupakan Negara dengan jumlah masyarakat yang terbesar ke 4 didunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat, +/- 250 juta manusia yang menempati tanah air ini. Bila kita mau mawas diri dan merenungi diri kita, siapakah kita ?, apakah itu hidup ? pasti kita akan menemukan semacam pencerahan mengenai diri kita dan untuk apa kita di kehidupan ini. Mari optimis, tingkatkan potensi, tetap percaya diri dan jangan lupa berdoa.

*Abdul Hafidz