Seminar Pengembangan Potensi Bisnis di Lingkungan Mahasiswa STIE Harapan

Jumat, 26 April 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Medan (STIE Harapan) menyelenggarakan “Seminar Pengembangan Potensi Bisnis di Lingkungan Mahasiswa STIE Harapan”. Acara ini berlangsung di Aula Kampus Harapan Jalan Imam Bonjol Medan, dan menghadirkan Narasumber DR. Ir. Suroso Rahutomo, yang saat ini menjabat sebagai kepala kelompok peneliti ilmu tanah dan agronomi dan ketua tim akselerasi pembentukan STPKS (Science Techno Park Kelapa Sawit).

Tujuan dari seminar ini untuk menambah wahana berbisnis di kalangan mahasiswa, dan juga menjadi ajang peningkatan networking diantara mahasiswa yang berpotensi wirausahawan. Seminar juga dihadiri oleh Sekretaris Yayasan Pendidikan Harapan, H.M. Hermansyur, SE., M.Si, Dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dan para mahasiswa.

Dalam seminar ini Suroso mebahas tentang “Potensi Pengembangan UMKM Berbasis Usaha Produk Turunan Kelapa Sawit”. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang mempunyai peran penting bagi subsektor perkebunan. Pengembangan kelapa sawit antara lain memberi manfaat dalam peningkatan pendapatan petani dan masyarakat. Selain itu tanaman kelapa sawit juga menjadi sumber pangan dan gizi utama menu penduduk dalam negeri, sehingga kelangkaannya di pasar domestik berpengaruh sangat nyata dalam perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa produk yang dihasilkan dari pengembangan minyak sawit diantaranya, terbagi dua yakni, produk pangan yang terdiri dari: minyak goreng, margarine, shortening, vanaspati, CBS, Confectionaries, Creamer, Filled milks, coating fats. Produk non pangan terdiri dari: sabun, deterjen, shampoo, emulsifier, biodiesel, explosives, pakan ternak dan biomas fuel.

Dengan diadakannya seminar ini dapat memotivasi mahasiswa bekerja keras untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha mulai dari bangku kuliah. Kesuksesan entrepreneur muda dapat dijadikan sebagai bukti, bahwa mahsiswa pun dapat sukses dengan bisnisnya.(si)