1. Profil Program Studi

 

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan, pada dasarnya telah beroperasi sejak tahun 1985 melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 0319/0/1989 tertanggal 30 Mei 1989. Melalui surat keputusan ini, program studi akuntansi pada masa itu di bawah ASM (Akademi Sekretaris dan Manajemen) memiliki status disamakan. Dampak status disamakan ini menjadi modal penting ASM dalam mengembangkan institusi ini ke arah tujuannya yaitu menjadi institusi pencetak kader bangsa. Melihat perkembangan yang diraih serta pasar yang terbuka lebar melalui yayasan, ASM mencoba meningkatkan statusnya menjadi Universitas.  Usulan untuk menjadi Universitas diajukan tahun 1987 namun, mengingat ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi, maka usulan tersebut belum disetujui oleh Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi).

Akhirnya di tahun 1994, melalui Surat Keputusan Dikti No. 136/Dikti/Kep/1994 tertanggal 18 Mei 1994, ASM Harapan menjadi STIE dengan status diakui. Setelah beberapa tahun beroperasi, maka dengan diterbitkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), No 002/ BAN PT/Ak- XIV/S1/V/2011 tertanggal 13 Mei 2011 dengan status terakreditasi dengan peringkat B. Dan ditahun 2016 Program Studi melakukan akreditasi ulang dan terbitlah Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi   (BAN-PT), No 0620/SK/BAN-PT/Akred/S/VI /2016 tertanggal 2 Juni 2016 dengan  status terakreditasi dengan peringkat B. Dan Sejak   diterbitkannya SK Kemenristekdikti No 459/KPT/I/2017 tanggal 24 Agustus 2017,  maka STIE Harapan berubah bentuk menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan.

  1. Visi Misi dan Tujuan Program Studi Akuntansi

 Visi Program Studi

Terwujudnya Program Studi Akuntansi yang andal dalam penyelenggaraan pendidikan ilmu akuntansi berbasis kompetensi, profesionalisme, dan moral yang mampu bersaing di pasar nasional pada tahun 2024.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan dan membangun sistem pembelajaran akuntansi yang dapat menghasilkan lulusan berkarakter kompetensi, profesionalisme, dan
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang  ilmu akuntansi secara proporsional untuk menciptakan masyarakat ilmiah.
  3. Melaksanakan kegiatan seminar dan pelatihan di bidang akuntansi yang dapat menambah wawasan keilmuan mahasiswa.

 

Tujuan Program Studi

Tujuan yang akan dicapai program studi Akuntansi meliputi :

  1. Menjadi Program Studi Akuntansi yang mengutamakan kompetensi akuntansi dalam pembelajaran.
  2. Menjadi Program Studi Akuntansi yang melahirkan sumber daya manusia yang kompeten dan siap pakai di bidang keilmuan akuntansi secara proporsional.
  3. Menjadi Program Studi Akuntansi yang ilmiah melalui penelitian dan pengabdian secara proporsional.
  4. Menjadi Program Studi Akuntansi yang otonom dan sehat.
  5. Menjadi Program Studi Akuntansi yang membudayakan etika dan estetika

KEUNGGULAN, PROFIL  DAN KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan Konsep KKNI, profil lulusan yang akan dihasilkan dari Program Studi harus dijabarkan secara singkat dan detail. Profil lulusan adalah “peran” yang diharapkan bisa dilakukan (out come) oleh lulusan prodi di masyarakat atau dunia kerja. Profil lulusan adalah basis perumusan kurikulum sebuah program studi, target sekaligus tolak ukur berhasil/tidaknya sebuah kurikulumn program studi untuk menghasilkan lulusan- lulusan dengan kompetensi yang diinginkan.

Profil lulusan Program Studi  Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan  Medan adalah :

  • Research Assistant
  • Akuntan Publik
  • Bankir
  • Auditor Internal
  • Tax Consultant
  • Tenaga Keuangan

Berdasarkan profil lulusan tersebut, capaian pembelajaran yang diharapkan dapat dikembangkan. Secara umum, konsep KKNI menyatakan bahwa untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S1), lulusan PT haruslah memiliki capaian pembelajaran yang terdiri dari unsur sikap dan  tata nilai, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan penguasaan pengetahuan.

  • Unsur Sikap dan Tata Nilai
PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1.Research Assistent

2.Akuntan Publik

3.Bankir

4.Auditor Internal

5.Tax Consultant

6.Tenaga Keuangan

Sikap  dan  Tata  Nilai 1.      Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap Religius dalam menjalankan pekerjaannya;

2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyaakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dengan bekal pengetahuan yang dimiliki;

4.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;;

7.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam setiap tindak tanduk di masyarakat

9.      menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bekerja

  • Ketrampilan Umum
PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1.Research Assistent

2.Akuntan Publik

3.Bankir

4.Auditor Internal

5.Tax Consultant

6.Tenaga Keuangan

Ketrampilan Umum 1.    Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,    dan inovatif dalam         konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.    Mampu    mengkaji      implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi pada bidang akuntansi yang memperhatikan dan menerapkan sesuai dengan bidang keahlian akuntansi berdasarkan kaidah,  tata  cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan       solusi,   gagasan, atau kritik seni;

4.    Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian   tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.    Mampu mengambil keputusan secara tepat    dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi  dan data;

6.    Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.    Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan dibidang keahliannya yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

9.    Mampu menyusun hasil pekerjaan di bidang akuntansi dalam bentuk kertas kerja, dan mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur standar, dan evaluasi pada pelaksanaan pekerjaan akuntansi

10.  Mampu  mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  • Ketrampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuaan

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Research Assistent Ketrampilan Khusus 1.     Mampu memecahkan masalah Iptek di bidang akuntansi secara terintegrasi baik intra disiplin dan inter-disiplin

2.     Mampu memecahkan masalah iptek dan menyajikan alternatif solusi terhadap masalah dibidang akuntansi keuangan, pajak dan auditing yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat.

3.     Mampu menyiapkan, menangani dan mengelola konsep akuntabilitas berupa pemeriksaan dan pelaporan

4.     Mampu menyiapkan dan mengevaluasi data berbasis pada teknologi, instrumen untuk analisis terhadap bidang keuangan, perpajakan dan auditing secara tepat.

Research Assistent Penguasaan Pengetahuan 1.     Menguasai konsep teoritis dibidang akuntansi keuangan, pajak dan auditing.

2.     Menguasai konsep konservasi, teknik sampling statistika, dan analisis data , manajemen dasar

3.     Menguasai konsep, prinsip- prinsip dan aplikasi pengetahuan akuntansi bidang keuangan, perpajakan dan auditing

4.     Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis teknologi informasi dan aplikasinya untuk mendukung penyelesaian analisis.

  • Akuntan Publik

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Akuntan Publik Ketrampilan Khusus 1.     Mampu menyiapkan laporan keuangan tidak kompleks untuk perusahaan tunggal dan perusahaan gabungan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK, IFRS), kebijakan organisasi, dan prosedur operasional baku melalui sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi dan manual

2.     Mampu melaksanakan prosedur audit  (untuk aspek keuangan, kinerja, ketaatan dan pengendalian sistem informasi),

3.     Mampu menerapkan Standar- standar pengauditan (misalnya International Standard on Auditing) dan Peraturan Perundang-undangan terkait dengan audit laporan Keuangan

4.     Mampu melaksanakan konsep penggunaan Standar pemeriksaan akuntansi dalam sektor publik maupun pemerintahan.

5.     Mampu menerapkan metode- metode kuantitatif yang digunakan dalam penugasan audit.

6.     mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu akuntansi dengan didukung oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan lain, seperti manajemen organisasi, bisnis dan kewirausahaan, hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, sistem informasi, keyboard skill dalam membantu penyelesaian tugas-tugas bidang akuntansi secara efektif.

Akuntan Publik Penguasaan Pengetahuan 1.       Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan termasuk perusahaan gabungan secara umum, dan pengetahuan prosedural metode-metode dan standar-standar akuntansi yang berlaku secara umum, serta memformulasikannya dalam penyusunan laporan keuangan;

2.       Menguasai konsep teoritis audit, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, sistem informasi akuntansi dan pengendalian secara umum

3.       Menguasai konsep penerapkan Standar- standar pengauditan (misalnya International Standard on Auditing) dan Peraturan Perundang-undangan terkait dengan audit laporan Keuangan

4.       Menguasai  konsep penggunaan Standar pemeriksaan akuntansi dalam sektor publik maupun pemerintahan dan menguasai metode-metode kuantitatif yang digunakan dalam penugasan audit.

5.       Menguasai pengetahuan prosedural teknik dan prosedur audit, pelaksanaan dan pelaporan audit internal secara mendalam dan  merumuskan prosedur audit internal keuangan, kinerja, ketaatan dan sistem informasi.

6.       Menguasai pengetahuan konseptual secara umum tentang prinsip-prinsip ilmu akuntansi,  sistem informasi, bisnis dan kewirausahaan hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi , dan secara khusus menguasai pengetahuan metode, teknik dan aplikasinya untuk mendukung penyelesaian tugas pekerjaan akuntansi.

 

  • Banker

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Banker Ketrampilan Khusus 1.     Mampu menyiapkan master budgets, activity based budgets secara tim dan sesuai dengan kebijakan perusahaan dengan teknik-teknik statistik dan analisis kuantitatif menggunakan fasilitas komputer dan manual serta menganalisis.

2.     Mampu menganalisis dan mengevaluasi kinerja keuangan organisasi dengan menggunakan teknik-teknik analisis (rasio-rasio, tren, dan analisis statistik), menginterpretasikannya dalam berbagai perpektif para pemangku kepentingan, dan menyarankan cara-cara untuk meningkatkan kinerja keuangan dengan pertimbangan-pertimbangan aspek internal dan eksternal organisasi;

3.     mampu menganalisis dan mengevaluasi kinerja manajemen dan pusat-pusat pertanggungjawaban dengan menggunakan berbagai teknik interpretatif  dan menyarankan cara-cara untuk meningkatkan kinerja dengan pertimbangan-pertimbangan aspek internal dan eksternal organisasi;

4.     Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu akuntansi dengan didukung oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan lain, seperti manajemen organisasi, bisnis dan kewirausahaan, hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, sistem informasi, keyboard skill dalam membantu penyelesaian tugas-tugas bidang akuntansi secara efektif.

Banker Penguasaan Pengetahuan 1.     Menguasai pengetahuan konseptual anggaran dan proses penyusunan anggaran secara umum, dan pengetahuan prosedural tentang penyusunan master budgets, activity based budgets, teknik-teknik penyusunan anggaran serta memformulasikannya ke dalam penyusunan anggaran serta menganalisisnya

2.     Menguasai pengetahuan konseptual analisis laporan keuangan dan manajemen keuangan secara umum, dan secara spesifik pengetahuan prosedural perhitungan rasio – rasio, tren-tren akuntansi, dan interpretasinya  serta memformulasikannya untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan para stakeholder.

3.     Menguasai pengetahuan konseptual akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen secara umum, dan menguasai pengetahuan prosedural tentang berbagai teknik pengukuran dan pengendalian kinerja manajemen pada berbagai pusat pertanggung jawaban secara mendalam, serta mampu memformulasikannya dalam penilaian kinerja;

4.     Menguasai pengetahuan konseptual secara umum tentang prinsip-prinsip ilmu akuntansi,  sistem informasi, bisnis dan kewirausahaan hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, dan secara khusus menguasai pengetahuan metode, teknik dan aplikasinya untuk mendukung penyelesaian tugas pekerjaan akuntan

 

 

  • Auditor Internal

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Auditor Internal Ketrampilan Khusus 1.     Mampu menyiapkan laporan keuangan tidak kompleks untuk perusahaan tunggal dan perusahaan gabungan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK, IFRS), kebijakan organisasi, dan prosedur operasional baku melalui sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi dan manual;

2.     Mampu memahami proses pelaksanaan, perencanaan audit, penerapan prosedur pemeriksaan di lapangan dan penyusunan laporan audit berdasarkan Standar Profesi Auditor Internal (SPAI)

3.     Mampu menyiapkan kertas kerja dan draf laporan audit internal sesuai dengan standar audit internal yang ditetapkan di bawah supervisi auditor senior.

4.     mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu akuntansi dengan didukung oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan lain, seperti manajemen organisasi, bisnis dan kewirausahaan, hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, sistem informasi, keyboard skill dalam membantu penyelesaian tugas-tugas bidang akuntansi secara efektif.

Auditor Internal Penguasaan Pengetahuan 1.      Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan termasuk perusahaan gabungan secara umum, dan pengetahuan prosedural metode-metode dan standar-standar akuntansi yang berlaku secara umum, serta memformulasikannya dalam penyusunan laporan keuangan;

2.      Menguasai konsep perencanaan audit, prosedur penerapan pemeriksaan di lapangan dan penyusunan laporan audit berdasarkan Standar Profesi Auditor Internal (SPAI)

3.      Menguasai pengetahuan prosedural teknik dan prosedur audit, pelaksanaan dan pelaporan audit internal secara mendalam dan  merumuskan prosedur audit internal keuangan, kinerja, ketaatan dan sistem informasi.

4.      Menguasai pengetahuan konseptual secara umum tentang prinsip-prinsip ilmu akuntansi,  sistem informasi, bisnis dan kewirausahaan hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, dan secara khusus menguasai pengetahuan metode, teknik dan aplikasinya untuk mendukung penyelesaian tugas pekerjaan akuntan.

  • TAX CONSULTANT

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Tax Consultant Ketrampilan Khusus 1. Mampu menyiapkan laporan keuangan tidak kompleks untuk perusahaan tunggal dan perusahaan gabungan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK, IFRS), kebijakan organisasi, dan prosedur operasional baku melalui sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi dan manual;

2. Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21,22,23, 26 dan PPN sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku; l. Mampu menyajikan Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku; Mampu membuat perencanaan strategi perpajakan perusahaan dalam bentuk rekomendasi kebijakan perpajakan perusahaan, menyusun laporan keuangan rekonsiliasi fiskal organisasi, dengan mengidentifikasi peluang-peluang pajak berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku

3. Mampu mengidentifikasi, menghitung dan menyajikan kewajiban perpajakan termasuk Surat Pemberitahuan – pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi, Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk perusahaan perseorangan, cv, firma, yayasan, koperasi dan entitas dengan 1 (satu) anak perusahaan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dengan memanfaatkan  teknologi informasi atau manual secara mandiri.

Tax Consultant Penguasaan Pengetahuan 1.Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan termasuk perusahaan gabungan secara umum, dan pengetahuan prosedural metode-metode dan standar-standar akuntansi yang berlaku secara umum, serta memformulasikannya dalam penyusunan laporan keuangan;

2.Menguasai konsep teoritis perpajakan dan prinsip akuntansi keuangan secara umum dan secara spesifik tentang peraturan ketentuan umum perpajakan, PPh, PPN, PPNBM, Bea Materai, dan PBB yang berlaku di Indonesia, serta memformulasikannya dalam perhitungan dan perencanaan pajak

3. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural peraturan perpajakan yang relevan untuk wajib pajak pribadi dan badan non multinasional

 

  • TENAGA KEUANGAN

 

PROFIL UKURAN KEMAMPUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Tenaga Keuangan Ketrampilan Khusus 1.     Mampu menyiapkan laporan keuangan tidak kompleks untuk perusahaan tunggal dan perusahaan gabungan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK, IFRS), kebijakan organisasi, dan prosedur operasional baku melalui sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi dan manual;

2.     Mampu menyajikan informasi harga pokok dengan menggunakan teknik activity based costing, target costing, dan life cycle costing untuk penentuan harga jual, penilaian persediaan,  pengendalian biaya dan pengambilan  keputusan di bawah supervisi atasan dengan menggunakan fasilitas komputer dan manual

3.     Mampu menyiapkan dan menganalisis master budgets, activity based budgets secara tim dan sesuai dengan kebijakan perusahaan dengan teknik-teknik statistik dan analisis kuantitatif menggunakan fasilitas komputer dan manual

Tenaga Keuangan Penguasaan Pengetahuan 1.     Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan termasuk perusahaan gabungan secara umum, dan pengetahuan prosedural metode-metode dan standar-standar akuntansi yang berlaku secara umum, serta memformulasikannya dalam penyusunan laporan keuangan;

2.     Menguasai pengetahuan konseptual metode-metode penentuan harga pokok secara umum,  dan  menguasai pengetahuan tentang teknik-teknik activity based costing, target costing, dan life cycle costing secara mendalam serta mampu memformulasikannya dalam penyelesaian masalah penentuan harga pokok;

3.     Menguasai pengetahuan konseptual anggaran dan proses penyusunan anggaran secara umum, dan pengetahuan prosedural tentang penyusunan master budgets, activity based budgets, teknik-teknik penyusunan anggaran serta memformulasikannya ke dalam penyusunan anggaran serta menganalisisnya

 

 

 

Click here to add your own text