1. Profil Program Studi

Program Magister Manajemen merupakan salah satu program study dari STIE Harapan Medan. Sejak diterbitkannya SK Kemenristekdikti No 459/KPT/I/2017 tanggal 24 Agustus 2017,  maka STIE Harapan berubah bentuk menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Saat ini Program Studi Magister Manajemen FEB UNHAR Medan mendapat izin penyelenggaraan Program Studi dengan peringkat Akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 450/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2015, tanggal 23 Mei 2015. Usaha meningkatkan akreditasi program studi ini sedang di proses di biro rektorat Universitas Harapan.

Berdirinya Program Studi Magister Manajemen FEB UNHAR Medan dilatarbelakangi dari visi dan misi untuk menjadikan pendidikan tingkat Magister yang terdepan ditingkat Sumatera Utara dan ASEAN dalam bidang manajemen dan bisnis yang dibutuhkan oleh dunia usaha, organisasi nir laba dan institusi pemerintahan pada tahun 2025.

Lulsan MM Harapan diharakan memiliki kemampuan berpikir  dan bertindak strategis dan visioner sesuai dengan tugas manajer mengelola dan mengarahkan organisasi bisnis maupun organisasi non profit.  Sebagai lulusan evel pascasarjana lulusan MM Harapan diharapkan memiliki kemampuan komunikasi tidak saja dalam bahasa Indonesia tetapi diharapkan mampu memiliki kemampuan minimal bahasa Inggris, oleh sebab itu sebelum mereka malakukan ujian akhir mahasiswa harus memiliki 450 setara Toefel atau IELTS dengan skor minimal 5,5.

Dalam proses belajar setelah dasar teori diperoleh dari perkuliahan, maka pada semester 3 dan semester ke 4 mahasiswa harus lulus ujian proposal, kemudian mengikuti ujian seminar hasil sebelum diizinkan mengikuti ujian meja hijau. Apabila mereka mampu mempertahankan tesisnya pada sidang meja hijau, maka lulusan MM Harapan berhak menyandang gelar Magister Manajemen (MM).

Untuk memperkuat program studi, MM Harapan sudh memiliki jurnal ilmiah sejak 2009 berjudul Jurnal Keuangan dan Bisnis. Selain artikel yang dimuat berasal dari staf pengajar MM, artikel yang dimuat berasal dari tesis-tesis pilihan yang berkualitas tinggi, mahasiswa dan dosen pembimbing akan menyaarikan isi tesis mahasiswa yang akan dimuat di jurnal ini. Pada saat ini prgram studi MM Harapan sedang merintis menerbitkan Jurnal dalam bentuk jurnal Keeuangan dan bisnis secara on line.

  1. Visi Misi dan Tujuan Program Studi MM-Harapan

Visi Program Studi

Menjadi suatu lembaga pendidikan tingkat magister yang unggul ditingkat Sumatera Utara dan ASEAN dalam bidang manajemen dan bisnis yang dapat memberikan solusi bagi dunia usaha dan institusi pemerintah pada tahun 2025

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengutamakan kemampuan manajerial praktis dan professional.
  2. Menjalankan kurikulum berbasis KKNI sesuai dengan kebutuhan stakeholders dibidang perbankkan, industri manufaktur dan manajemen bisnis, jasa dan logistik.
  3. Menyelenggarakan sistim pengajaran manajemen berbasis riset dan pengabdian masyarakat pada setiap langkah-langkah strategi guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diterapkan untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Melakukan benchmarking dengan perguruan tinggi yang bereputasi, dibidang industri dan di birokrasi dalam rangka meningkatkan keahlian dan ketrampilan lulusan.

Tujuan Program Studi Magister Manajemen adalah untuk menghasilkan lulusan

  1. berstandar nasional dan berwawasan global dalam bidang magister manajemen yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia.
  2. lulusan yang dapat bekerja dalam bidang pelaksanaan program pendidikan, perencanaan dan pelaksanaan sistem dari peralatan elektro teknik dan telekomunikasi.
  3. lulusan yang mampu melakukan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan ekonomi dan manajemen.
  4. lulusan yang inovatif dalam bidang manajemen yang dapat memberi sumbangan pada kualitas kehidupan bisnis yang menjunjung tinggi etika dan moral.
  5. lulusan yang mampu menghasilkan karya-karya inovatif untuk menunjang kemajuan bisnis masyarakat Sumatera Utara pada khususnya.
  6. staf pengajar dan tenaga kependidikan manajemen yang kompeten dan profesional.
  7. lulusan yang mampu merjalin link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri dan bisnis jasa.
  1. Keunggulan Lulusan Program Studi Magister Manajemen

Sejak berdirinya 2004, MM Harapan sudah menghasilkan alumni yang bekerja diberbagai bidang dalam bidang perbankan, birokrasi pemerintah, pimpinan koprasi, industri, dan perusahaan-perusahaan swasta dan dosen diberbagai perguruan Tinggi.

  1. Profil Lulusan MM Harapan

Mempunyai  kompetensi keahlian  dan manajerial skill  dalam praktek manajemen dalam dunia bisnis mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi proses manajemen untuk perbaikan yang berkelanjutan.

  • Kompetensi Lulusan MM Harapan

Oleh karena itu profil lulusan program studi magister manajemen adalah sebagai (a) Manajer profesional dibidang marketing dan logistik (b) Konsultan manajemen perbankan dan keuangan (c) Konsultan industri manufaktur (d) Peneliti Madia (e) Entrepreneur dan sosio enterpreneur.

  1. Bidang Marketing Management dan logistik:
    1. Mampu mengambil keputusan hasil kajian potensi marketing dan perbaikan sistem logistik suatu produk dan jasa yang diperdagangkan baik secara lokal, nasional dan internasional.
    2. Mampu berkomunikasi secara ilmiah baik Dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris dalam bentuk tulisan, pembicaraan (presentasi) dan memahami laporan kegiatan marketing.
    3. Mampu mempresentasikan solusi dan ide-ide perbaikan strategi marketing yang lebih efektif dan efisien di hadapan stakeholders (pemegang saham perusahaan, manajemen dan staff.
    4. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah logistik seperti sistem transportasi, pungutan dan tarif yang tinggi, bongkar muat di pelabuhan (masalah dwelling time), dan peraturan-peraturan yang membuat sistem logistik tidak effisien.
    5. Mampu memberikan rekomedasi perbaikan-perbaikan dengan langkah-langkah yang jelas dan terukur dalam memperbaiki sistem marketing dan logistik barang dan jasa.
  1. Bidang Manajemen Perbankan dan Keuangan:
    1. Mampu memahami dinamika sistem perbankan dan pembiayaan suatu program pengembangan bisnis. Memahami dampak (positif dan negatif) kebijakan pemerintah dibidang fiskal dan moneter terhadap kemajuan kegiatan bisnis dan menentukan pihan-pihan yang optimal.
    2. Mampu mengambil keputusan hasil kajian dari berbagai aspek yang tekait dengan aspek komersial, aspek tehnis, aspek organisasi usaha, aspek pembiayaan. Misalnya hasil kajian potensi pasar (market opportunity), mampu mengaitkan kebutuhan kapasitas (aspek tehnis) yang sesuai dengan kemampuan perusahaan, dan dan dapat  dikembangkan, kemudian mengaitkan dengan membangun sistem organisasi dan manajemen perusahaan dan ususlan pembiayaan.
    3. Mampu menjelaskan dengan baik implikasi pilihan-pilihan tersebut bagi kemajuan bisnis dengan konsekuensi dan resiko-resiko yang mungkin terjadi.
  1. Bidang Industri Manufaktur :
    1. Mampu mengambil keputusan perbaikan sistem manajemen yang selalu berkembang kearah otomatisasi dan e-commerce yang menguntungkan dalam kegiatan bisnis.
    2. Mampu menggunakan instrumen-instrumen kebijakan internal yang efektif dalam suatu kegiatan industri manufaktur (insentif dan jalur karir bagi staff dan karyawan
    3. Mamapu membangun good corporate culture, sehingga budaya produktif dan saling mendukung dalam proses manajemen bisa berjalan dengan baik.
  1. Bidang Peneliti.
    1. Mampu mendesain rencana penelitian dengan baik, mengeksekusi/melaksanakan dan membuat laporan hasil penelitian dan rekomendasi hasil, terutama dalam menghadapai persaingan bisnis yang semakin ketat.
    2. Mampu bekerjasama dalam penelitian team dari berbagai bidang yang terkait dan mengetahui dengan persis posisi masing-masing anggota dan kontribusinya untuk memecahkan masalah bisnis yang kompleks yang sedang dihadapi perusahaan.
    3. Mampu berkomunikasi dan memahami bahwa seseorang dalam team adalah saling melengkapi dan besinergi satu dengan lainnya.
  1. Enterpreneur dan Socio Enterpreneur :
    1. Mampu melakukan kegiatan bisnis secara mandiri, percaya diri dan tidak selalu tergantung pada orang atau perusahaan.
    2. Mempunyai motivasi yang kuat untuk sukses, kegagalan tidak mampu melemahkan semangat usaha terus menerus untuk mencari solusi baru.
    3. Mampu menggerakkan dan membantu usaha bisnis skala kecil masyarakat .
    4. Mampu bermitra dengan usaha kecil masyarakat dengan prinsip kemitraan untuk tumbuh bersama.
    5. Berorientasi ke masa depan, memperbaiki diri, memanfaatkan umpan balik yang diterima dan kemampuan berorganisasi.