Profil Program Studi

Program Studi Manajemen yang terakreditasi peringkat “B” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 0621/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 merupakan fakultas yang mewujudkan lulusan dengan kompetensi sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja.

Dalam upaya menyempurnakan diri, Program Studi Manajemen melaksanakan evaluasi kurikulum secara periodik yang memiliki kompetensi seimbang antara hardskill dan softskill agar dapat menjawab tuntutan kebutuhan pengguna lulusan. Proses pembelajaran di Program Studi Manajemen memungkinkan para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun secara fisik.

Inti dari proses belajar mengajar di Program Studi Manajemen adalah perubahan diri individu dalam aspek pengetahuan, sikap, keterampilan dan kebiasaan sebagai produk dan interaksinya dengan lingkungan.

  1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

Visi :

Program Studi yang Unggul Melalui Kekompetensian dan Keprofesionalan di Bidang Manajemen dengan Berpijak pada Nilai-Nilai Ketimuran Tahun 2025 di Pulau Sumatera Utara dan Nasional

Misi :

  1. Mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja
  2. Mewujudkan iklim akademis yang sehat di lingkungan Program Studi Manajemen melalui kegiatan penelitian dan pengabdian
  3. Membangun Program Studi Manajemen yang bersinerji dengan para stakeholders dan membangun usaha secara mandiri.

Tujuan :

  1. Melahirkan lulusan berdaya saing di bursa tenaga kerja
  2. Hadirnya kebiasaan melakukan riset dan menuangkan hasil-hasil penelitian lewat pengabdian kepada masyarakat
  3. Memprofesionalkan diri di dalam pengelolaan Program Studi Manajemen serta memunculkan wirausahawan muda di kalangan mahasiswa

 

  1. Keunggulan Program Studi
  1. Kurikulum yang berjalan selalu dievaluasi secara periodik (setiap 4 tahun)
  2. Kurikulum memiliki kompetensi yang seimbang antara hardskill dan softskill
  3. Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan tuntutan kebutuhan pengguna lulusan
  4. Lulusan memiliki rata-rata IPK yang baik (di atas 3,00)
  5. Dosen memiliki keberagaman asal perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri
  6. Dosen terdistribusi secara proporsional pada bidang minat yang mendukung kompetensi kurikulum

 

  1. Profil Lulusan

Junior Researcher

menjadi peneliti pemula yang bertugas membantu peneliti utama terkait pengambilan, pengolahan dan analisis data dan laporan penelitian. Yang kesemua penelitiannya terkait bidang ilmu manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, dan kewirausahaan

Executive Marketing

menjadi karyawan yang berprofesi sebagai penggiat kampanye pemasaran dalam mempromosikan produk, jasa atau ide sebuah perusahaan

Human Resource Supervisor

menjadi orang yang sangat berperan dalam pengembangan kemampuan karyawan, sehingga karyawan tersebut dapat menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan bidang pekerjaannya

Risk Manager Assistant

menjadi karyawan yang membantu Penyelia / Manajer Resiko dalam suatu perusahaan guna meminimalisasi resiko potensial yang terjadi pada perusahaan

Entrepreneur

menjadi seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk baru, memasarkan serta mengatur permodalan

 

6. Kompetensi Lulusan

 Junior Researcher

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan.
  2. Mampu menjual produk guna menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.
  3. Mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
  4. Mampu melakukan riset guna menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan mengenai segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung peningkatan kualitas dan penjualan produk.
  5. Mampu membuat perencanaan dan menentukan produk yang ready to buy oleh pasar dan menentukan harga yang sesuai.
  6. Mampu menentukan pasar sasaran yang tepat bagi produk yang dihasilkan.

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep teoritis manajemen pemasaran dan pemasaran global, baik untuk produk barang maupun produk jasa.
  2. Menguasai konsep teoritis dan praktek penjualan baik secara ecer maupun masiv untuk menghasilkan pendapatan yang berlimpah bagi perusahaan.
  3. Menguasai konsep teoritis dan praktek komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran terpadu, dan perilaku konsumen untuk membangun jejaring dan loyalitas pelangan.
  4. Menguasai konsep teoritis serta pengaplikasian metode penelitian bisnis dan manajemen stratejik untuk menghasilkan informasi yang relevan bagi pengembangan produk, yang akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.
  5. Menguasai konsep dan teori bisnis plan dan manajemen biaya untuk menentukan produk yang diinginkan oleh pasar serta menentukan harga yang sesuai pada pasar sasaran.
  6. Menguasai konsep dan teori segmentasi pasar, targeting, dan positioning produk.

 

Executive Marketing

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan.
  2. Mampu menjual produk guna menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.
  3. Mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
  4. Mampu melakukan riset guna menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan mengenai segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung peningkatan kualitas dan penjualan produk.
  5. Mampu membuat perencanaan dan menentukan produk yang ready to buy oleh pasar dan menentukan harga yang sesuai.
  6. Mampu menentukan pasar sasaran yang tepat bagi produk yang dihasilkan.

 

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep teoritis manajemen pemasaran dan pemasaran global, baik untuk produk barang maupun produk jasa.
  2. Menguasai konsep teoritis dan praktek penjualan baik secara ecer maupun masiv untuk menghasilkan pendapatan yang berlimpah bagi perusahaan.
  3. Menguasai konsep teoritis dan praktek komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran terpadu, dan perilaku konsumen untuk membangun jejaring dan loyalitas pelangan.
  4. Menguasai konsep teoritis serta pengaplikasian metode penelitian bisnis dan manajemen stratejik untuk menghasilkan informasi yang relevan bagi pengembangan produk, yang akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.
  5. Menguasai konsep dan teori bisnis plan dan manajemen biaya untuk menentukan produk yang diinginkan oleh pasar serta menentukan harga yang sesuai pada pasar sasaran.
  6. Menguasai konsep dan teori segmentasi pasar, targeting, dan positioning produk.

Human Resource Supervisor

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan dengan membuat dan menentukan program personalia yang akan membantu tercapainya sasaran yang telah disusun perusahaan.
  2. Mampu melaksanakan fungsi pengorganisasian dengan menyusun suatu organisasi melalui rancangan struktur hubungan antara pekerjaan, personalia, dan faktor-faktor fisik.
  3. Mampu melaksanakan fungsi pengarahan dengan membuat karyawan melakukan apa yang diinginkan (pemberian perintah).
  4. Mampu melaksanakan fungsi pengenendalian dengan mengatur kegiatan agar sesuai dengan rencana personalia yang sebelumnya telah dirumuskan berdasarkan analisis terhadap sasaran organisasi.
  5. Mampu menentukan sumber daya manusia yang dibutuhkan, perekrutannya, seleksi dan penempatan, berdasar pada tugas-tugas yang tercantum pada rancangan pekerjaan yang ditentukan sebelumnya.
  6. Mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan personalia melalui pelatihan yang diperlukan untuk prestasi kerja yang tepat, terkait perubahan teknologi, reorganisasi pekerjaan, dan penyesuaian terhadap tugas manajemen yang semakin kompleks.
  7. Mampu menentukan balas jasa yang layak dan memadai kepada personalia atas sumbangsih mereka pada tujuan organisasi.
  8. Mampu mengintegrasikan kepentingan-kepentingan individu, masyarakat, dan organisasi.
  9. Mampu memelihara kemauan bekerja karyawan, melalui komunikasi yang baik, pemeliharaan jasmani (fisik) karyawan, dan kesehatan serta keselamatan kerja.

 

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia dan ilmu manajemen.
  2. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, manajemen kinerja, dan hubungan industrial.
  3. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, kepemimpinan, serta manajemen lintas budaya.
  4. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, sistem reward dan punishment, serta manajemen kepemimpinan.
  5. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, kepemimpinan, dan manajemen kinerja
  6. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, manajemen kinerja dan sistem informasi manajemen.
  7. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, manajemen biaya, dan manajemen kompensasi.
  8. Menguasai konsep dan teori bidang sumber daya manusia, kepemimpinan, manajemen lintas budaya, dan perilaku organisasi.
  9. Menguasai konsep dan teori motivasi, komunikasi, teori kompensasi, serta kinerja untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Risk Manager Assistant

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu merencanakan, merancang dan menerapkan proses manajemen risiko secara menyeluruh untuk perusahaan.
  2. Mampu menilai risiko, termasuk didalamnya menganalisis, mengidentifikasi, menjelaskan dan mengestimasikan dampak risiko terhadap kegiatan bisnis.
  3. Mampu mengestimasi risiko, yaitu membandingkan risiko yang telah diestimasi dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan seperti biaya-biaya, ketentuan hukum dan lingkungan eksternal, serta mengevaluasi penanganan risiko yang dilakukan perusahaan di tahun-tahun sebelumnya.
  4. Menghitung dan merumuskan tingkat risiko yang mampu diterima oleh perusahaan.
  5. Mampu membuat pelarporan risiko dengan cara yang tepat untuk audiens yang berbeda, misalnya kepada dewan direksi ataupun pelaku usaha individu sehingga mereka memahami risiko yang relevan dengan bisnisnya.
  6. Mampu menjalankan tata kelola perusahaan untuk meminimalisasi risiko sehingga perusahaan dapat berjalan dengan prinsip keberlangsungan, dan memprediksikan strategi bisnis jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep dan teori risiko keuangan dan risiko bisnis bagi perusahaan.
  2. Menguasai konsep dan teori ekonomi mikro dan makro, serta perkembangan ilmu ekonomi di Indonesia.
  3. Menguasai konsep dan teori ekonomi, investasi, portofolio dan hedging sebagai upaya peminimalisasi risiko bagi perusahaan.
  4. Menguasai konsep dan teori ekonomi untuk setiap lini perusahaan serta teori investasi.
  5. Menguasai konsep dan prinsip dasar pelaporan serta pengelolaan keuangan perusahaan.
  6. Menguasai konsep dan teori Good Corporate Governance dan penentuan strategi bisnis terutama dalam bidang keuangan.

 

Entrepreneur

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber daya yang bernilai, unik, tidak mudah ditiru dan tidak mudah untuk digantikan, sehingga akan menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
  2. Mampu menerapkan konsep pemasaran secara holistik, mengembangkan jejaring pemasaran di berbagai lini, menciptakan brand equity, sehingga dapat menghasilkan penjualan yang superior.
  3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia seperti: menempatkan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat sesuai dengan keahliannya, memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan yang mendukung kinerja perusahaan, dan memberikan sanksi bagi karyawan yang melanggar aturan perusahaan.
  4. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorhganisasian, pengarahan dan evaluasi dalam hal pengelolaan usaha
  5. Mampu membuat pencatatan keuangan sederhana agar dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.

 

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep dan praktik kewirausahaan, manajemen produksi dan manajemen strategik.
  2. Menguasai konsep dan praktik pemasaran dan penjualan produk.
  3. Menguasai konsep dan teori pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan.
  4. Menguasai konsep dan teori manajemen dan perilaku organisasi, serta aspek-aspek terkait hukum dalam bisnis.
  5. Menguasai konsep dan teori pencatatan dan akuntansi sederhana untuk perusahaan kecil.