Nama Program Studi : Manajemen Perkantoran
Gelar yang Diberikan : Ahli Madya (A.Md.)
Deskripsi Singkat : Program Studi Manajemen Perkantoran merupakan salah satu Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan.  Program Studi Manajemen Perkantoran  memberi pengajaran dan ketrampilan sehingga akan menghasilkan Lulusan yang Kompeten di Bidang Perkantoran. Para alumninya bisa menempati bidang-bidang pekerjaan yang ada di Kantor baik kantor di Instansi Pemerintah ataupun Kantor di Instansi Swasta.
VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi : Menjadi Program Studi yang unggul dalam memberi Solusi di bidang Vokasi Manajemen Perkantoran bagi Provinsi Sumatera Utara dan  Nasional pada Tahun 2025
Misi : 1. Menerapkan sistem pembelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter dalam vokasi Manajemen Perkantoran sesuai kebutuhan pemangku kepentingan melalui pemutakhiran dan kelengkapan sarana dan prasarana.
2. Melaksanakan riset, pengabdian pada masyarakat dan vokasi di bidang Manajemen Perkantoran serta pelaksanaan PKL secara proporsional untuk mewujudkan Link and Match antara program studi dengan dunia Industri.
3. Mengembangkan organisasi pendidikan yang sehat, efisien dan berlandaskan pada etika dan estetika yang menjadi modal membangun jejaring dengan pemangku kepentingan dan sebagai tempat PKL mahasiswa.
Tujuan : 1.

Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang Pekantoran serta beraklak mulia, sehingga bisa memberi solusi bagi pengguna lulusan.

2. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar nasional dan berwawasan regional dalam bidang Manajemen Perkantoran .
3. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan  sehingga mendorong pertumbuhan usaha masyarakat Sumatera Utara pada khususnya
4. Mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran.
5. Meningkatkan kemampuan tenaga pengajar agar terampil, melalui peningkatan pelatihan pada lembaga profesi dan magang di dunia industri.
6. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri sehingga tercipta link and match antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai pengguna lulusan.
 

KEUNGGULAN PROGRAM STUDI

Program Studi Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan mempunyai keunggulan antara lain:
1. Unggul dalam penguasaan Ilmu Manajemen Perkantoran
2. Unggul dalam mengaplikasikan ilmu Manajemen Perkantoran yang sesuai dengan perkembangan Teknologi
3. Memiliki kecerdasan Spiritual (Religius)
4. Berkarakter
PROFIL LULUSAN
Program Studi Manajemen Perkantoran  merupakan program vokasi alumninya bisa menduduki berbagai bidang pekerjaan Perkantoran seperti yang tertuang dalam profil Lulusan berikut ini:
1 Administrative Staff / Pegawai Administrasi
Adalah staff administrasi (pegawai tatausaha) pada instansi pemerintah maupun swasta.
2 Secretary / Sekretaris
Personal yang menjadi pembantu manager/direktur pada suatu lembaga.
3 Archivist /Arsiparis
Adalah personal yang bertugas menyusun arsip secara manual mupun secara komputer

PROFIL KOMPETENSI LULUSAN

Setiap Kompetensi yang tertuang dalam profil  LULUSAN harus mengacu pada Sikap, Ketrampilan umum, Ketrampilan khusus serta penguasaan pengetahuan seperti dalam tabel berikut ini :

PROFIL/

Kompetensi

SIKAP KETRAMPILAN UMUM KETRAMPILAN KHUSUS PENGUASAAN PENGETAHUAN
Administra tive Staff / Staff Tata usaha 1.     Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

2.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

8.     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.     Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

1.        Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;

2.        Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;

3.        Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

4.        mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomuni-kasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

5.        Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;

6.        Mampu bertanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawab-nya; dan

7.        mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;

8.        Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1. Mahasiswa mampu mengetik dengan sistem 10 jari membuta dengan kecepatan minimal 200 hpm

2.        Mahasiswa mampu membuat surat  berbahasa indonesia dengan berbagai macam bentuk

3.        Mahasiswa mampu membuat surat berbahasa Inggris dengan berbagai macam bentuk

4.        Mahasiswa mampu menyimpan arsip dengan berbagai macam sistem penyimpanan

5.        Mahaiswa mampu membuat pembukuan sederhana / kas kecil

1.  Menguasai teori typing tutor

2.        Menguasai teori korespondensi bahasa indonesia

3.        Menguasai teori engglish corespondence dan bahasa inggris secara umum

4.        Menguasaiteori kearsipan (filling system)

5.        Menguasai teori pengantar akuntansi

Secretary / Sekretaris 1.        Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3.        Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.        Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.        Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

8.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

1.        Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;

2.        Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;

3.     Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

4.     mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomuni-kasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

5.     Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;

6.     Mampu bertanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawab-nya; dan

7.     mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;

8.     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1.        Mahasiswa mampu melakukan pekerjaan sekretaris dengan benar

2.        Mahasiswa mampu mengetik dengan sistem 10 jari membuta dengan kecepatan minimal 200 hpm

3.        Mahasiswa mampu membuat surat  berbahasa indonesia dengan berbagai macam bentuk

4.        Mahasiswa mampu membuat surat berbahasa Inggris dengan berbagai macam bentuk

5.        Mahasiswa mampu menyimpan arsip dengan berbagai macam sistem penyimpanan

6.        Mahaiswa mampu membuat pembukuan sederhana / kas kecil

1.        Menguasai teori kesekretarisan

2.        Menguasai teori typing tutor

3.        Menguasai teori korespondensi bahasa indonesia

4.        Menguasai teori engglish corespondence dan bahasa inggris secara umum

5.        Menguasai teori kearsipan (filling system)

Menguasai teori pengantar akuntans

Archivist/ Arsiparis 1.        Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3.        Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.        Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.        Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

8.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

1.        Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;

2.        Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;

3.        Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

4.        mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomuni-kasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

5.        Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;

6.        Mampu bertanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawab-nya; dan

7.        mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;

8.     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1.        Mahasiswa mampu menyimpan arsip dengan berbagai macam sistem penyimpanan

2.        Mahasiswa mampu mengelompokkan jenisjenis surat (penting, Rahasia, biasa)

3.        Mahasiswa mampu mengelompokkan jenis laporan keuangan dari segi penting dan tidaknya

4.        Mahasiswa mampu mengetik dengan menggunakan program MS word dan MS Excel

1.        Menguasai teori kearsipan (filling system)

2.        Menguasai Teori korespondensi Indonesia

3.        .Menguasai teori pengantar akuntasi

4.        Mahasiswa menguasai teori dan aplikasi komputer. (praktik komputer)